Manfaat Bergabung Dengan KPIN

Manfaat Bergabung Dengan KPIN

Beberapa Manfaat Keanggotaan KPIN

KPIN adalah organisasi dengan keanggotaan terdiri atas institusi, oleh karena itu manfaat terbesar dari keanggotaan KPIN adalah institusi, diantaranya: akreditasi, networking dosen, kerjasama, dll. Setiap anggota hanya diwajibkan untuk membayar iuran setiap semester dengan jumlah sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) yang sebagian besar dana tersebut akan dikembalikan kepada anggota dalam bentuk kegiatan nyata yang melibatkan dosen-dosen kampus anggota KPIN.

KPIN sebagai organisasi sudah berjalan aktif dan menghasilkan berbagai program nyata dan kongkrit, sehingga setiap institusi yang bergabung dan menandatangani MoU dan bergabung dengan KPIN otomatis memiliki kegiatan nyata sebagai wujud implementasi MoU. Kepengurusan KPIN yang lintas institusi juga menjadikan para pengurus memiliki kepemimpinan publik yang dibutuhkan saat akreditasi. Setiap individu yang keluar dari institusinya maka otomatis tidak lagi dapat diakui sebagai bagian dari pengurus KPIN dan kampus tersebut dapat mengirimkan orang lain sebagai penggantinya.

Berdasarkan produk atau kegiatan yang dilaksanakan, diantara manfaat yang dapat dirasakan oleh anggota KPIN adalah:

  1. Buletin KPIN

Buletin KPIN adalah buletin yang terbit rutin 2 kali dalam sebulan. Buletin ini sudah terdaftar di PDII-LIPI dan memiliki ISSN sehingga setiap artikel yang terbit dalam Buletin KPIN akan diakui sebagai artikel nasional terbitan nasional. Selain itu, buletin KPIN juga sudah sangat dikenal yang ditandai dengan tingginya kunjungan ke website Buletin KPIN setiap hari. Dengan demikian, setiap dosen yang menulis di Buletin KPIN dapat membangun citra dosen dan kampus KPIN.

Buletin KPIN di design untuk tulisan popular semi ilmiah, dimana penulis dapat merujuk salah satu teori atau penelitian Psikologi dan menjelaskannya dalam fenomena sehari-hari. Penulis Buletin KPIN adalah dosen dari kampus anggota KPIN atau mahasiswa dari kampus anggota KPIN dengan bimbingan dosennya.

Informasi lebih lanjut: http://buletin.k-pin.org/

Manfaat Umum: akreditasi, KUM dosen, citra kampus, media belajar mahasiswa, dll.

Manfaat khusus anggota: berhak mengirim artikel, dapat kesempatan menerima KPIN Awards, dll.

 

  1. Buku Psychology for Daily Life Series

Terbit setiap tahun dan ber-ISBN yang berasal dari artikel buletin KPIN yang sudah diseleksi untuk diterbitkan dalam bentuk cetak. Saat ini KPIN sudah menerbitkan 2 seri buku Psychology for Daily Life yang bekerjasama dengan dua penerbit. Terbitan pertama di terbitkan oleh Rajagrafindo dan terbitan kedua oleh UHAMKA Press. Terbitan ketiga rencananya akan diterbitkan oleh Udayana Press. Tahun-tahun berikutnya KPIN akan bekerjasama dengan kampus lain yang memiliki jasa penerbitan. Buku ini menjadi nilai tambah untuk penulis Buletin KPIN karena dengan artikel yang sama penulis juga mendapat kesempatan untuk mendapat pengakuan sebagai penulis buku nasional karena ber-ISBN.

Manfaat Umum: akreditasi (Prodi & AIPT), KUM dosen, citra kampus, media belajar mahasiswa, nilai tambah penulis artikel buletin, dll.

Manfaat khusus anggota: gratis biaya kirim untuk pemesanan buku, setiap kampus berhak mendapatkan 1 copy buku.

 

  1. KPIN Awards

Kegiatan ini diadakan setahun sekali untuk memberi apresiasi pada penulis KPIN yang sudah menulis di media yang dimiliki KPIN. KPIN Awards diberikan pada penulis terproduktif, penulis dengan kunjungan pembaca tertinggi, dan kampus terproduktif yang menulis di Buletin KPIN dan kategori lain. Ke depan, media KPIN lain juga dapat diberikan apresiasi terhadap upaya meningkatkan kajian Psikologi dalam berbagai media KPIN.

Manfaat Umum: akreditasi, citra kampus, kepercayaan diri penulis, dll.

Manfaat khusus anggota: penerima award hanya anggota KPIN karena hanya anggota KPIN yang dapat menulis dalam buletin KPIN, berkesempatan memperoleh collaborative research.

 

  1. Collaborative Research KPIN

Salah satu program “cash back KPIN”, dengan memberikan dana bantuan penelitian. Program ini dilakukan setahun sekali dan calon penerima dana hanya cukup mengisi formulir dengan ketentuan anggota peneliti berasal dari 2 atau lebih anggota KPIN. Pendaftaran ditutup setelah kuota habis dan pengusul langsung mendapatkan 50% biaya penelitian. 50% sisa dana penelitian diberikan setelah artikel peneliti terbit dalam jurnal JPU atau yang setara JPU.

Manfaat Umum: akreditasi, tambahan dana penelitian, dll.

Manfaat khusus anggota: hanya dosen anggota yang berhak mengajukan usulan.

 

  1. Jurnal Psikologi Ulayat (JPU)

Jurnal ini sudah terakreditasi oleh dikti dengan kategori S3 dan sedang dalam proses reakreditasi untuk ditingkatkan menjadi S2 atau terindex DOAJ. Para penulis boleh dari luar kampus KPIN dan setiap penulis harus bersedia mengikuti proses reviu yang dilakukan oleh reviewer dan editor JPU. Dalam sistem manajemen JPU, penulis anggota KPIN akan memperoleh perlakuan khusus secara manajerial bukan kemudahanproses reviu. Selain itu, setiap penulis anggota KPIN berhak mendapat 1 copy cetak JPU sedangkan penulis non-KPIN harus membeli versi cetak dari JPU. Setiap kampus KPIN juga akan mendapatkan 1 copy jurnal sehingga tidak perlu membeli atau berlangganan. Adapun JPU secara online dapat diakses melalui http://jpu.k-pin.org.

Manfaat Umum: akreditasi, KUM dosen, kemudahan proses manajerial JPU, dll.

Manfaat khusus anggota: gratis berlangganan JPU, gratis 1 copy untuk penulis dari kampus KPIN, kemudahan dalan manajemen JPU.

 

  1. Buku “Psikologi Indonesia” & Tema lain tentang Indonesia

KPIN menginisiasi buku ilmiah yang menjelaskan keunikan Psikologi dalam budaya Indonesia. Penulis buku adalah semua peneliti Psikologi di Indonesia dan semua penulis berhak mendapat 1 copy buku. Setiap kampus anggota KPIN juga akan mendapatkan 1 copy buku yang akan dicetak bekerjasama dengan penerbit komersil di Indonesia. Untuk tema pertama, KPIN akan bekerjasama dengan Rajagrafindo. Tema berikutnya, rencananya KPIN akan membahas mengenai kesehatan mental di Indonesia. Buku ini rencananya akan digunakan sebagai buku ajar untuk kuliah bersama (collaborative learning) dimana pengajarnya adalah para penulis buku dan penulis dari anggota KPIN akan dapat manfaat lebih karena dapat melibatkan mahasiswanya secara langsung dalam kegiatan collaborative learning ini.

Manfaat Umum: akreditasi, KUM dosen, menjadi dosen tamu kuliah kolaboratif, dll.

Manfaat khusus anggota: mahasiswa kampus anggota dapat ikut kelas “Psikologi Indonesia”, gratis 1 copy buku untuk kampus anggota.

 

  1. Collaborative Learning Mahasiswa KPIN

Kegiatan ini adalah kegiatan perkuliahan yang membahas buku “Psikologi Indonesia” bersama penulisnya langsung. Setiap kampus dapat menjadikan perkulihan ini sebagai bagian dari mata kuliahnya atau hanya merekomendasikan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan ini. Namun hanya mahasiswa kampus KPIN yang dapat menjadikan proses collaborative learning sebagai bagian dari perkuliahan. Hal ini sangat meningkatkan kesiapan kampus untuk menghadapi era industry 4.0. Biaya keikutsertaan bagi mahasiswa anggota KPIN jauh lebih murah dibandingkan jika mahasiswa non-KPIN ingin ikut serta dalam kegiatan.

Manfaat Umum: akreditasi, mahasiswa dapat merasakan perkuliahan era Industri 4.0, mahassiwa berinteraksi dengan mahasiswa kampus lain, dosen dapat belajar lebih banyak.

Manfaat khusus anggota: perkuliahan dapat di kombinasikan dengan mata kuliah resmi, biaya pendaftaran jauh lebih murah untuk anggota KPIN.

 

  1. Event rutin KPIN

Kegiatan ini dilakukan 4 bulan sekali yang dilakukan di kampus-kampus anggota KPIN. Setiap tuan rumah berkesempatan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan nasional karena anggota KPIN yang mewakili beberapa provinsi di Indonesia. Pembicara umumnya berasal dari kampus penyelenggara, dengan demikian dosen dari kampus penyelenggara di undang dalam kapasitas sebagai pembicara seminar nasional dan event nya dinilai sebagai event nasional. Biaya penyelenggaraan kegiatan juga bisa ditekan sehingga kampus-kampus yang cukup berat dengan penyelenggaraan event nasional sangat terbantu dengan bantuan sistem KPIN.

Manfaat Umum: akreditasi, penyelenggara seminar nasional, pembicara lokal untuk seminar nasional, KUM dosen, dll.

Manfaat khusus anggota: berkesempatan menjadi penyelenggaran event nasional dengan biaya murah.

 

  1. Komite Etik Bersama Penelitian dan Pengabdian

Kegiatan ini akan diadakan pasca resigning MoU namun demikian secara struktur dan konsep kegiatan ini tidak perlu menunggu MoA untuk dilaksanakan. Program ini berupaya melakukan kajian terhadap penelitian Psikologi yang dilakukan di Indonesia agar tidak melanggar etika penelitian dan tetap menghormati hak dari responden penelitian. Para anggota komite etik akan berasal dari institusi yang ikut serta dalam MoA, namun demikian setiap anggota KPIN walaupun tidak menandatangani MoA terkait hal ini tetap dapat memperoleh manfaat.

Permintaan ethical clearance akan mewajibkan peneliti membayar sejumlah uang, namun demikian untuk anggota jumlah nya akan diminimalisir sehingga jauh akan lebih murah dibandingkan yang bukan anggota. Sedangkan untuk anggota komite etik akan mendapatkan nilai tambah penilaian dosen yang dapat digunakan untuk KUM dan BKD.

Manfaat Umum: KUM dosen, akreditasi, dll.

Manfaat khusus anggota: biaya murah lebih murah.

 

  1. Dapur Jurnal Bersama

Seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan ini sudah dapat dilaksanakan hanya menunggu kampus-kampus yang bersedia mengelola manuskrip jurnal secara bersama-sama agar artikel yang akan terbit menjadi lebih baik. Namun demikian, setiap artikel yang sudah dikelola tetap akan terbit pada website kampus masing-masing sehingga tetap akan meningkatkan performa kampus jika dinilai dari webometric atau sejenisnya.

Dengan sistem dapur bersama, setiap jurnal lokal akan terbantu tata kelolanya dan dapat menghasilkan tulisan ilmiah yang lebih bermutu. Saat ini, sistem ini eksklusif hanya ditawarkan kepada kampus yang menjadi anggota KPIN. Harapannya, dengan sistem ini tidak hanya artikel menjadi lebih baik namun juga akreditasi jurnal akan tercapai.

Manfaat Umum: akreditasi jurnal, kemudahan pengelolaan jurnal, dll.

Manfaat khusus anggota: saat ini hanya khusus bagi anggota.

 

  1. DOI artikel jurnal

Bagi kampus yang sudah mengelola jurnal lokal sendiri, KPIN dapat memfasilitasi diberikannya DOI kepada artikel dari jurnal tersebut. Dengan demikian, akreditasi jurnal akan lebih mudah didapat karena setiap DOI pada artikel akan membantu peningkatan potensi akreditasi jurnal. Jurnal yang akan menggunakan DOI ini hanya cukup membayar sejumlah 1US$ per DOI sesuai dengan biaya dari crossreff dan anggota KPIN tidak perlu lagi membayar biaya keanggotaan crossreff atau lainnya karena sudah menjadi anggota KPIN.

Manfaat Umum: akreditasi jurnal, kemudahan pengelolaan jurnal, dll.

Manfaat khusus anggota: hanya membayar DOI bukan keanggotaan crossreff.

 

  1. Seminar bersama, dll

Kedepan akan ada banyak kegiatan anggota KPIN yang dapat diakses secara bersama sehingga setiap kampus akan saling membantu mengembangkan potensi masing-masing. Secara umum KPIN sudah menjalankan manajemen e-Office dan mendorong semua mitra KPIN dapat menerima pelaksanaan kegiatan berbasis IT. Dengan demikian, kampus KPIN lebih siap menyongsong era revolusi Industri 4.0.

Masih ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi anggota KPIN dan poin-poin di atas hanya sebagian dari banyak manfaat lainnya. KPIN siap membuka diri menampung ide-ide kreatif dari para anggota untuk bisa memajukan KPIN dan otomatis akan memajukan anggota-anggotanya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi mail@k-pin.org.

 

Terima kasih

Dapatkan pemberitahuan ini dalam bentuk surat resmi melalui disini.