Perkuliahan Kolaboratif “Psikologi Indonesia”

Perkuliahan Kolaboratif “Psikologi Indonesia”

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Mengajarkan Indigenous Psychology (Psikologi Ulayat) perspektif Indonesia atau “Psikologi Indonesia.”
  2. Menghadirkan sebagian besar penulis buku “Psikologi Indonesia” sebagai pengajar.
  3. Membangun interaksi positif dan kolaboratif antar mahasiswa lintas kampus
  4. Mengembangkan dan mengoptimalkan penggunaan internet dan ICT dalam perkuliahan

 

Pendaftaran

Untuk pendaftaran, kampus (kolektif), mahasiswa (individu), atau umum dapat mendaftar melalui laman ini (dengan mengisi form berikut).

 

Bentuk Kegiatan

Dalam rangka mencapai tujuan-tujuan di atas, maka KPIN menyusuk kegiatan dalam bentuk sebagai berikut:

  1. KPIN telah menginisiasi penulisan buku berjudul “Psikologi Indonesia” yang akan menjadi buku ajar dalam perkuliahan ini. Adapun kampus-kampus peserta perkuliahan kolaboratif, nama mata kuliah di tiap kampus tidak harus sama namun mengajarkan konsep yang sama, yaitu konsep Psikologi dengan ke-khas-an Indonesia. Buku tersebut saat ini sedang dalam proses cetak dengan penerbit Rajagrafindo.
  2. KPIN menyusun waktu interaksi antara penulis tiap bab dalam buku “Psikologi Indonesia” dengan para mahasiswa secara daring (online) secara tatap muka langsung  dalam bentuk webinar. Adapun jumlah bab dalam buku sebanyak 15 akan di sampaikan oleh penulis dalam waktu 2 x 50 menit. Di akhir sesi tiap bab, penulis memberi tugas dalam rangka pengayaan kepada mahasiswa yang menjadi peserta.
  3. KPIN membentuk kelompok mahasiswa yang nantinya tiap kelompok akan diberi waktu untuk presentasi secara daring. Tiap kelompok mahasiswa akan terdiri dari beberapa kampus sehingga setiap peserta dari masing-masing kampus akan berinteraksi dengan peserta dari kampus lain.
  4. KPIN telah menyewa media “gotomeeting” sebagai platform kegiatan perkuliahan kolaboratif ini. Media ini memiliki kelebihan, diantaranya pembicara dan peserta dapat berinteraksi langsung dalam bentuk tatap muka dan komunikasi dua arah. Selain itu, media ini juga dapat merekam semua proses perkuliahan dalam media penyimpanan virtual (cloud) yang dapat digunakan sebagai arsip perkuliahan atau di unggah ke platform lain, seperti youtube. Sebagai media berbayar, platform ini juga bebas dari iklan dan memiliki kapasitas tak terbatas dalam penyimpanan.

 

Waktu Kegiatan

Kegiatan ini mulai di jalankan pada pertengahan September hingga November. Jumlah tatap muka yang wajib diikuti peserta minimal 12 (duabelas) kali yang terdiri dari minimal 8 (delapan) kali ceramah dari penulis, 3 (tiga) kali presentasi dari kelompok lain, dan 1 (satu) kali presentasi kelompok masing-masing.

Jadwal masing-masing penulis yang menjadi pembicara akan disampaikan kepada semua peserta sehingga peserta dapat menentukan akan menghadiri perkuliahan dengan tema yang disukainya. Begitu juga dengan waktu presentasi, masing-masing kelompok akan di tentukan jadwal presentasinya paling 2 minggu sebelum mulai sesi presentasi sehingga kelompok lain dapat hadir dalam presentasi tersebut.

 

Teknis Kegiatan

Teknis kegiatan akan dibagi menjadi 2 bentuk namun berjalan beriringan, yaitu kegiatan yang menjadikan mata kuliah ini sebagai perkuliahan formal atau mata kuliah non-sks. Berikut rencana teknis perkuliahan yang DAPAT disesuaikan dengan kondisi masing-masing institusi.

Perkuliahan Formal Perkuliahan Non-formal
1.      Pra-Pendaftaran (sekitar minggu ke-4 Agustus) Mahasiswa mendaftar perkuliahan di kampus masing-masing dengan mengisi KRS Sosialisasi kegiatan “Psikologi Indonesia” di kampus masing-masing
2.      Pendaftaran (sekitar minggu Ke-1 September) Kampus mendaftarkan mahasiswa yang ikut mata kuliah tersebut Masing-masing mahasiswa mendaftar untuk menjadi peserta
3.      Pembayaran (sekitar minggu Ke-1 September) Kampus membayarkan biaya keikutsertaan sejumlah mahasiswanya ke KPIN. Masing-masing mahasiswa membayar langsung ke KPIN setelah mendaftar.
Pembayaran sebesar Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah)/orang untuk mahasiswa dari anggota KPIN atau Rp.50.000,- (lima puluh ribu rupiah)/orang untuk mahasiswa dari non-KPIN.

Jika peserta ingin langsung dikirimi buku Psikologi Indonesia yang menjadi buku ajar, peserta membayar Rp.150.000,-(seratus lima puluh ribu rupiah). Untuk anggota KPIN, ongkos kirim buku ke kampus masing-masing akan di tanggung oleh KPIN dan untuk non-KPIN ongkos kirim buku akan ditanggung masing-masing peserta.

4.      Perkuliahan (Sept-Nov) KPIN mengatur jadwal perkuliahan untuk 15 bab yang dapat dipilih peserta dan jadwal presentasi masing-masing kelompok.
5.      Tugas

(Sept-Nov)

Tugas akan menjadi salah satu dasar penilaian perkuliahan dan informasi dalam sertifikat Nilai tugas hanya untuk informasi dalam sertifikat
Tugas di bagi 2, yaitu:

1.      Tugas kelompok berupa observasi dan analisa ke-khas-an Psikologi di Indonesia sesuai tema dalam bab yang akan di presentasikan oleh tiap kelompok.

2.      Tugas individu untuk membuat laporan observasi dan analisa yang dipilih masing-masing individu.

6.      Refleksi (Nov-Des) Setelah mengikuti sesi (minimal 8 ceramah, 1 presentasi, dan 3 peserta presentasi) tiap mahasiswa masing-masin institusi diminta untuk merefleksikan kegiatannya perkuliahan kolaboratif di kampus masing-masing di pandu koordinator mata kuliah di kampus masing-masing Peserta tiap institusi dapat menuliskan refleksinya masing-masing (optional)
7.      Ujian dan Penilaian

(Penilaian sekitar Desember)

Nilai UTS dan UAS dapat diambil tugas Pribadi dan “Laporan Refleksi” atau kegiatan lain yang sesuai standar masing-masing-masing institusi.

Nilai di input oleh dosen koordinator masing-masing kampus.

Tidak ada penilaian, hanya laporan telah mengikuti kegiatan yang tertulis dalam sertifikat.
8.      Dosen Penilai a.       Penilaian refleksi di berikan oleh dosen koordinator di kampus masing-masing.

b.      Presentasi di nilai dari peer-rating saat presentasi

c.       Tugas pribadi di nilai oleh penulis yang tema nya di jadikan bahan membuat tugas.

Hanya ada penilaian presentasi dan tugas pribadi.
9.      Kehadiran Kehadiran akan di laporkan oleh KPIN ke kampus masin-masing sesuai dengan catatan dalam system perkuliahan online. Kampus masing-masing yang menentukan keluar atau tidak nilai akhir. Kehadiran minimal menjadi syarat menerima sertifikat dengan laporan lengkap.

 

Penutup

Konsep diatas dapat merupakan konsep umum yang dapat di sesuaikan dengan ke-khas-an dan keunikan kampus masing-masing. Jika bapak/ ibu berharap ada penyesuaian terhadap konsep di atas dapat menghubungi kami via email di mail@k-pin.org.